Home » » Umar bin Khattab

Umar bin Khattab

Posted by ninamustika.com on Sunday, October 28, 2018

Umar bin Khattab

Pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab, Umar bin Khattab senantiasa berkeliling Kota Madina pada malam hari sebelum tidur untuk memeriksa apakah masih ada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Hal ini beliau lakukan atas ajaran Rasulullah salallahu alaihi wassalam untuk berbuat adil. Umar bin Khattab termotifasi untuk tidak berlaku zalim dengan masyarakatnya juga karena adanya hadist yang berbunyi, "tidak ada naungan pada hari kiamat kecuali pada tujuh golongan. Dan salah satunya dalah untuk pemimpin yang adil."

Pada suatu malam, ketika Umar bin Khattab berkeliling seperti biasanya, beliau melihat ada api unggun yang di dekatnya ada seorang ibu yang sedang menagis. Di dekat ibu itu ada pula tiga orang anak yang tengah tertidur. Umar kemudian mendatangi ibu itu. Umar heran melihat kondisi mereka dan bertanya, "Wahai hamba Allah, apa yang sedang kau lakukan.?"

Ibu itu menjawab, "Saya sedang memasak batu." Ia pun membuka panci yang ada di hadapannya dan memperlihatkan kepada Umar. "Anak-anak saya sudah tiga hari kelaparan. Dan kami tidak punya makanan sama sekali. Dan pemimpin negara ini tidak perhatikan kami." 

Rupanya ibu itu tidak tahu bahwa di hadapannya adalah khalifah nya. Ia pun melanjutkan, "Saya memasak batu ini supaya anak-anak saya berpikir bahwa saya sedang memasak makanan. Mereka menunggu sampai mereka lelah dan mereka pun tertidur. Hal ini tiga hari sudah saya lakukan."

Umar kemudian langsung pergi menuju ke baitul mal untuk mengambil bahan makanan. Beliau memikul bahan makanan tersebut di pundaknya. Lalu, salah seorang sahabat, Abu Musa Al Ashari melihat Umar dan berkata, "Wahai amirul mukminin, apa yang anda lakukan? kenapa anda memikul barang-barang malam-malam begini? Biar saya bantu." Umar pun dengan tegas menjawab, "Apa kau ingin memikul dosa ku pada hari kiamat? Ini tugas saya." 

Abu Musa penasaran dan mengikuti Umar dari belakang. Beliau melihat Umar berjalan kemudian sampai di sebuah perapian pinggir jalan yang ada seorang ibu dan tiga anaknya yang sedang tertidur di sana. Begitu Umar tiba di sana, Umar langsung menyiapkan bahan makanan dan memasak. Abu Musa hanya diam melihat dari kejauhan.

Abu Musa melihat ketika makanan itu masak, Umar membangunkan anak-anak ibu tersebut dan Umar pun menyuapi anak-anak itu. Kemudian setelah anak-anak kenyang dan ibu itu selesai makan, Umar memberikan semua bahan makanan kepada ibu itu dengan mengatakan, "ini bekal untuk kamu."

Lalu ibu itu bergembira. Ibu itu mengatakan, "Kalau semua pemimpin negara seperti anda, maka tidak ada orang yang lapar." Umar pun tersenyum dan bersegera pergi. Kemudian Abu Musa datang menghampiri ibu tersebut. Beliau berkata, "Wahai ibu, apa kau tidak tahu siapa yang memasakkan makanan untuk mu dan anak-anakmu tadi?"

"Saya tidak tahu. Tapi beliau baik sekali." Ibu itu masih tampak bergembira. 

"Itulah Umar bin Khatab, amirul mukminin yang terkenal."

Ibu itu kaget dan berkata, "Maafkan saya. Saya ini pendatang dari luar Madina. Selama tiga hari ini saya tinggal di Madina. Ini pun di pinggiran Madina. Tapi memang tidak ada yang bantu saya."

Abu Musa menjawab, "Amirul mukminin sakit selama tiga hari kemarin. Dan beliau memang baru saja pulih dari sakitnya."

Thanks for reading & sharing ninamustika.com

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email