Home » » Bukber Menambah Berkah

Bukber Menambah Berkah

Posted by ninamustika.com on Sunday, May 26, 2019


Biasanya aku rada males kalau diajak bukber. Entah mengapa aku sering merasa ga nyaman aja ikut acara bukber. Tapi kali ini berbeda. Mungkin salah satunya karena kini sudah berdua. Kami baru saja menikah dua bulan. Ini adalah ramadhan pertama aku bareng suami. Dan bukber dengan teman-teman kerja suami adalah hal baru bagiku. Aku jadi penasaran bagaimana suasananya. 

Bukber pertama bersama teman-teman kerja suami adalah tanggal 23 Mei lalu. Waktu siang hari aku baru saja mau masak untuk buka puasa di rumah. Plus baru saja mau menyiapkan bahan-bahan untuk makan malam kami berdua. Eh ada pesan dari suami supaya nanti siap-siap karena ada bukber bareng teman-temannya. Aku ga jadi masak. Kemudian bersiap-siap.

Ternyata suami dan teman-teman kerjanya yang muda mudi saja yang bukber. Dan ternyata hanya kami yang sudah menikah. Yang lain masih bujang gadis. Dan sepertinya memang kami yang lebih tua umurnya. Kenapa kok rasanya kalau di perkumpulan pertemanan aku yang paling tua melulu ya. Tapi bagus juga bergabungnya dengan yang lebih muda-muda. Jadi bisa membuat awet muda mungkin kan.

Aku dan suamiku memesan menu ayam geprek. Minumnya susu strawberi. Awalnya aku rada aneh kok suami pesankan susu strawberi buat buka puasa. Aku ga pernah buka puasa dengan minum susu sebelumnya. Paling sirup, teh, jus, atau sup buah. Kalau minum susu langsung saat buka puasa aku ga tau perut ku bisa menerima apa ngga. Begitu azan maghrib aku langsung minum saja susunya. Ternyata enak juga. Aku baru minum sedikit lalu langsung makan nasi. 

Ku lihat nasinya kebanyakan. Aku berpikir aku pasti bakal kekenyangan banget kalau habiskan semuanya. Tapi aku lanjut aja. Dan ketika cicip sambalnya. Astagrfirullah pedasnya super duper minta ampun pokoknya. Aku mau nangis rasanya. Seketika aku berpikir, "Oh iya kan ada susu strawberi ini." Aku langsung minum susunya. Lalu aku baru sadar ternyata itu mungkin maksud dan tujuan suami pesan minumnya susu. Minum susukan bisa mengobati kepedasan.

Jadi aku bisa melanjutkan makan. Ayam geprek nya dilengkapi dengan kol goreng, terong ungu goreng, dan tahu goreng. Menurutku rasanya mantap. Harganya menengah, Rp 25.000 untuk satu porsi. Harga susunya aku lupa tanya suami. Mungkin sekitar belasan ribu gitu. Setelah makan semua nasi dan ayam geprek beserta semua pelengkapnya. Lalu minum susunya. ternyata perutku sakit juga. Rasa tertusuk jarum jarum. Tapi sedap makanannya. Mungkin lain kali kalau makan ke sana, aku ga usah pakai sambelnya lagi.

Setelah makanan dan minuman habis itu kami pergi mencari masjid terdekat untuk sholat. Sebenarnya di tempat makannya ada mushola. Tapi entah kenapa pengennya mencari masjid saja. Lagian masjidnya ga terlalu jauh. Dan kebetulan memang masjidnya kami temui ga ada orang. Sepi. Sedangkan di mushola itu orang-orang banyak antri. Setelah sholat kami kembali ke tempat makan tadi karena ada teman yang menunggu di sana. Lalu menyelesaikan pembayaran. Dan foto bersama.

Bukber kedua adalah bukber skala besar. Kata suami bukber kedua ini dengan orang-orang yayasan tempat beliau kerja. Plus juga semua karyawan dan guru dari sekolah-sekolah yang bernaung di bawah yayasan tersebut. Yayasan memiliki TK, SMA, SMK, dan sekolah akademi. Plus juga ada bimbel yang bernaung di bawah yayasan tersebut. Dan kata suami, satu orang yang diundang memiliki jatah tiga orang untuk datang. 

Acara diawali dengan salam dan pembukaan dan MC. Kemudian ada safety induction. Ternyata kata suami ini adalah standar kegiatan di industri. Menjelaskan jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan misalnya kebakaran atau gempa bumi. Mengingatkan untuk para tamu untuk tidak panik. Lalu memberitahukan dimana saja pintu-pintu yang ada di ruangan tersebut. Ini penanggulangan bencana yang sangat baik diterapkan di negeri rawan bencana seperti Indonesia pikirku. Seperti daerah asalku Bengkulu yang sangat rawan gempa. 


Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Lalu penyampaian kata sambutan oleh ketua yayasan. Beliau membicarakan mengenai pendidikan. Tentang mengapa yayasan memiliki banyak sekolah dan ada bimbel juga. Beliau mengawali kata sambutan dengan menyatakan bahwa beliau berasal dari Kota sawahlunto. Kata beliau Kota Sawahlunto sudah ada sebelum kemerdekaan. Kota Sawahlunto sudah terkenal dengan kekayaan alamnya. Sebagai penghasil batubara. Banyak manfaat yang diberikan untuk masyarakat. Hampir 100 tahun Kota Sawahlunto telah memberikan hal-hal yang bermanfaat. Tetapi tetap dirasakan belum berimbang untuk masyarakat jika dibanding dengan kekayaan yang diambil pertambangan kata beliau.

Sehingga pihak pertambangan akhirnya memilih berkontribusi di bidang pendidikan. Karena pendidikan adalah hal yang sangat berpengaruh bagi masa depan bangsa. Kesadaran untuk membangun masyarakat ini dijadikan contoh dari sawahlunto. Bagaimana pertambangan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakatnya.

Kata beliau kini PT BA yang menjadi pengelola batubara di Kota Sawahlunto. Sampai kini PT BA juga telah banyak memberikan manfaat pada masyarakat. Turut berkontribusi dalam bidang pendidikan. Selain itu juga banyak membangunkan bangunan-banguna untuk keperluan masyarakat. Hal ini diniatkan untuk membantu pemerintah mencapai menyelesaikan program-program nasional. Walaupun sebenaarnya bukan tugas pokok perusahaan. Tapi merupakan kesadaran dari managemen perusahaan sebagai tanggung jawab sosial. "Ini merupakan sebuah panggilan", kata beliau.

"Pendidikan merupakan ladang besar untuk memberikan nilai sosial terbaik. Kita tidak bisa terlalu banyak bersandar dengan pencapaian kita. Selama dua tahun PT BA belakangan ini meningkatkan kontribusi di bidang pendidikan. Berharap bisa membantu Indonesia memiliki pendidikan berkualitas nasional atau bahkan lebih.

PT BA berupaya melakukan banyak perubahan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Dan bagi PT BA bapak ibu guru adalah yang bisa diajak bekerjasama untuk memperbaiki pendidikan. Tahun ini telah lebih 700 rekrutmen. Baik karyawan maupun siswa. Meskipun belum terasa manfaat nya bagi masyarakat secara langsung. Tapi niat berkontribusi telah banyak diupayakan."


Setelah kata sambutan ini tamu-tamu pun mendengarkan tausiyah. Topiknya sesuai dengan tema bukber. Yaitu "Ramadhan Sarana Pengembangan Diri dan Mempererat Silaturahmi." Setelah salam dan salawat, Pak Ustad mengawali tausiyahnya dengan kalimat "Salah satu nikmat yang jarang disyukiri adalah nikmat yang ada di tubuh kita. Contohnya telinga. Telah diciptakan dengan sangat sempurna. Telinga tidak keras dan tidak terlalu lembek. Jika saja telinga keras pasti sakit kalau kita tidur miring. Kalau telinga terlalu lembek nanti ga bisa kena angin kencang."

Benar kata Pak Ustad. Nikmat dalam tubuh kita sendiri kadang kita lupa. Padahal ada banyak sekali nikmat yang ada di tubuh. Dan diberitakan dalam Al Quran bahwa saking banyaknya nikmat dari Allah. Kita tak akan sanggup untuk menghitungnya. 

Lalu beliau pun menyebutkan manfaat dari silahturahmi. Kata beliau umat islam diperintahkan untuk menyambung tali silaturahmi. Selain kewajiban memang harus dilaksanaka, ada tujuh manfaat bersilaturahmi. Berikut tujuh manfaat bersilaturahmi.

1. Allah tambah rezeki dan Allah tambah umurnya 
(bertambah umur maksudnya bertambah berkah umurnya)
2. Akan dimasukkan ke surga Allah
3. Allah akan hapuskan dosa-dosa kita
4. Mendapatkan doa selamat rahmat dan berkah
5. Menambah kenalan
6. Dicatat menjadi orang yang beriman
7. Memperbaiki permusuhan

Kemudian setelah mendengarkan tausiyah, kami pun bersiap untuk berbuka puasa. Takjilnya adalah es buah, air mineral, kurma, bolu, dan risoles. Es buahnya enak dan mengenyangkan. Jadi kue kotaknya belum aku makan. Rencana mau ku bawa pulang aja untuk camilan malam di rumah. Lalu kami sholat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan makan bersama. Makananya enak. Tapi tetap makan sedikit aja karena sudah kenyang. Lalu kami melanjutkan dengan sholat isya dan tarawih bersama. Sholat isya diimami oleh ustad yang bertausiyah tadi. Kemudian tarawih diimami oleh ketua yayasan. Setelah selesai kami pun pulang.

Thanks for reading & sharing ninamustika.com

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. asik ya kalau ada acara buka bareng sekaligus tarawih seperti ini, antar karyawan bisa jadi lebih akrab

    ReplyDelete

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email