Home » » Resep Telur Dadar

Resep Telur Dadar

Posted by ninamustika.com on Thursday, May 16, 2019


Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke semua ada ciri khasnya masing-masing. Kadang juga ada kemiripan antar daerah. Keunikan kuliner nusantara adalah perpaduan dari aneka variasi makanan dan kekayaan bumbunya. Beruntungnya Indonesia merupakan negara tropis yang subur. Sehingga rempah-rempah dan bahan makanan dengan mudah bisa dikembangkan dan dihasilkan.

Telur merupakan makanan yang bergizi tinggi. Aneka olahan telur ada banyak sekali macamnya. Yang tersimple adalah telur ceplok. Telur ceplok adalah cara memasak telur yang paling sering digunakan dan sangat mendunia. Dimanapun cara ini dikenal karena mudahnya. Dan yang mendekati simple adalah telur dadar. Pastinya hampir semua orang akan bisa memasak olahan seperti ini meskipun belum pernah mencoba sebelumnya.

Tapi ada yang sedikit berbeda dengan telur dadar padang. Ada kekayaan bahan bahan lain di dalam telur dadarnya. Telur dadarnya tebal dan penuh dengan bahan-bahan makanan pelengkap. Tak heran telur dadar padang juga menjadi salah satu menu pilihan di rumah rumah makan khas Padang. Dan telur dadar ini tetap juga menjadi salah satu favorit pengunjung. 

Untuk cara memasak telur dadar Padang yang tebal ini mempunyai trik khusus, yaitu dengan memasukkan bahan telur dadar setelah minyak benar-benar panas. Namun segera mengecilkan apinya kecil banget. Dan memasak telur dengan api kecil itu sampai matang. Dimaksudkan supaya telur dadarnya matang dengan merata meskipun tebal.

Untuk bahan-bahan, yang paling utama adalah tambahan tepung terigu. Satu buah telur membutuhkan sekitar dua sendok makan tepung terigu. Dan bahan lain yang ditambahkan adalah bawang daun, seledri, tomat, cabe keriting, bawang bombai, wortel, dab bisa juga ditambah sosis. Semua bahan tambahan itu diiris tentunya. Bawang daun dan seledri diiris halus. Cabe diiris juga. Bawang bombay dan tomat diiris dadu kecil kecil. Sosis diiris sesuai selera.

Semua bahan dicampurkan merata. Tentu ditambah garam dan penyedap rasa seperlunya sesuai selera. Semua komposisi bahan bisa diatur sesuai selera. Kemudian masak dengan api kecil itu yang penting. Karena telur dadar ini tebal. Supaya matannya merata. Cukup dibalik satu kali saja. Jangan dibolak balik. Jangan sampai nanti malah patah patah karena dibolak balik. 

Telur dadar ini sangat cocok untuk lauk sahur. Karena tidak terlalu pedas. Dan gizinya bagus. Juga mengenyangkan. Masaknya juga mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Anak-anak kos juga bisa membuat resep simple telur dadar padang yang enak.


Bahan:

Telur
Tepung terigu
Bawang daun
Seledri
Tomat
Cabe keriting
Bawang bombai
Wortel
Sosis
Garam
Penyedap


Cara Memasak:

- Iris bawang daun dan seledri dengan halus
- Potong tomat dadu kecil-kecil
- Iris cabe halus
- Potong bawang bombai dadu kecil
- Iris sosis kecil-kecil
- Tambahkan telur
- Tambahkan tepung terigu
- Tambahkan garam dan penyedap
- Aduk semua bahan sampai rata
- Panaskan minyak
- Setelah minyak panas, kecilkan api sampai ke ukuran kecil
- Masukkan bahan yang telah dicampur tadi
- Masak dengan api kecil, tunggu hingga kekuningan di bagian bawahnya
- Balik telur dadar tersebut sekali saja
- Tunggu hingga matang, kemudian angkat dan siap disajikan
- Potong sesuai selera 

Thanks for reading & sharing ninamustika.com

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email