Orang Sholeh yang Meminta Makanan kepada Allah

kisah orang sholeh

Pada suatu masa, ada seorang sholeh yang miskin. Ia memiliki banyak anak. Suatu malam mereka baru saja hendak makan, tiba-tiba terdengar ketukan pintu. Ia meminta istrinya membuka pintu. Begitu pintu dibukakan, terlihat sekeluarga miskin yang tampak kelaparan.

Mereka meminta makanan, "Kami sudah beberapa hari tidak makan. Berikanlah kami makanan."

Istri orang sholeh tersebut bertanya kepada suaminya apa yang harus ia lakukan. Orang sholeh itu menjawab, "Berilah mereka makanan." Kemudian keluarga orang sholeh itu memberikan semua makanan mereka kepada keluarga yang meminta tersebut. 
Beberapa jam kemudian, telah lewat tengah malam, semua anggota keluarga orang sholeh tersebut merasa kelaparan. Sang istri berkata, "Bagaimana sekarang anak-anak kelaparan. Kita juga kelaparan." Orang sholeh itu menjawab, "Saya akan keluar. Saya akan cari rizki dari Allah. Allah akan kasih rizki untuk kita."

Ia pun keluar rumah. Ia menuju ke masjid. Ia sholat malam di sana. Kemudian ia berdoa, "Ya Allah sesungguhnya Engkau tahu bahwa saya, istri saya, dan anak-anak saya kelaparan malam ini. Kami lapar Ya Allah. Berikanlah makanan."
Pada malam itu, Raja wilayah tersebut merasa sangat gelisah. Ia tidak bisa tidur. Sebenarnya sudah satu minggu ia merasa tidak nyaman. Ia pun telah merencanakan untuk mengatasinya dengan bertaubat. Ia ingin membantu seseorang yang tepat. Ia ingin memberikan makanan yang terbaik dan harta yang terbaik untuk disedekahkan kepada seseorang. Ia bahkan menyiapkan emas berkantong-kantong. Tapi ia tak tahu akan diberikan kepada siapa. 

Ia berdoa, " Ya Allah aku ingin membagikan makanan dan harta ini kepada seseorang yang membutuhkan, sebagai bentuk taubatku. Aku ingin memberikannya malam ini. Aku tidak akan memegang tali kekangan kuda ku nanti. Aku akan biarkan ia menuju ke arah mana pun yang Engkau pandu." Ia pun berangkat.

Kuda tunggangannya berjalan tanpa tali kekangan yang dipegang. Kuda tersebut terus berjalan sampai akhirnya tiba di depan sebuah masjid. Raja berkata, "Saya tidak tahu kenapa kuda ini berhenti di depan masjid. Tapi ini adalah rumah Allah. Pasti ada sesuatu di masjid ini." Ia turun dari kudanya.

Ia kemudian masuk ke dalam masjid. Ia menemukan seseorang sedang berdoa kepada Allah. Ia mendengarkan doa orang tersebut dengan seksama. Ia mendengar bahwa orang itu meminta makanan. Ia lalu memutuskan untuk menunggu orang yang sedang berdoa tersebut menyelesaikan doanya.
Begitu orang sholeh tersebut menyelesaikan doanya, Raja langsung menghampirinya. Ia mengatakan, "Saya mendengar doamu. Saya adalah salah satu hamba Allah. Saya adalah pemimpin di wilayah ini. Saya niat taubat kepada Allah. Saya membawa makanan dan harta untuk disedekahkan. Saya berikan kepada mu. Ambillah makanan dan harta ini. Raja berkata kembali, "Kalau seandainya kau butuh bantuan apa pun, datanglah ke istana saya. Saya akan bantu."

Mendengar perkataan raja, orang sholeh itu langsung menjawab, "Kalaupun saya butuh, saya tidak akan datang kepada anda. Saya akan datang kepada Allah, Tuhan anda dan Tuhan saya, yang telah membuat anda datang malam ini membawakan saya makanan."

0 Response to "Orang Sholeh yang Meminta Makanan kepada Allah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel