Home » » Pengalaman Hamil Trisemester Pertama

Pengalaman Hamil Trisemester Pertama

Posted by ninamustika.com on Saturday, July 6, 2019


Sebenarnya perasaan berbeda sudah muncul sejak akhir Ramadhan. Aku merasa terlalu sering meludah. Dan aku merasa sangat tidak stabil dari segi emosi. Moody ku parah dan mudah tersinggung. Plus juga secara fisik aku merasa lebih mudah lelah. Ketika diputuskan bahwa kami akan mudik ke Solok yang memakan waktu perjalanan sekitar dua puluh jam, aku pun mulai merasakan ragu. Aku tak yakin aku akan kuat selama perjalanan. Dan ada sedikit kekhawatiran jika aku harus memakan obat anti mabuk.

Biasanya setiap melakukan perjalan jauh aku memang selalu minum obat anti mabuk. Jangankan perjalanan lebih kurang dua puluh jam. Perjalanan dua jam saja aku harus minum obat anti mabuk. Kalau tidak, aku biasanya muntah parah. Sekujur tubuh terasa sangat dingin dan aku pusing. Aku mengecek situs kesehatan di internet. Aku mau memastikan bahwa obat anti mabuk itu aman. Ternyata aman. Katanya obat anti mabuk tidak mengandung zat yang mungkin membahayakan ibu hamil dan janin. 

Tapi aku tidak menceritakan pemikiran ini pada suamiku. Aku bersikap biasa saja. Aku takut kalau aku mengatakan bahwa aku mungkin hamil, ternyata setelah diperiksa engga. Aku takut ia kecewa. Jadi kujalani saja perjalanan tersebut meskipun terasa sangat melelahkan. Selama perjalanan rasanya aku merasa badanku sakit sekali. Kadang rasa mau berhenti saja di tengah jalan tapi tak mungkin. Aku juga merasa mudah sekali lapar. 

Kebetulan pula supir travel yang kami tumpangi ternyata tak berhenti di waktu biasanya kami sahur. Jadi kami tak sahur pada waktu di perjalanan. Untungnya aku membawa sedikit kurma dari rumah yang memang ku siapkan untuk antisipasi. Hanya tiga buah kurma. Aku makan kurma itu. Sedangkan suamiku tidak mau memakan kurma. Terlalu manis katanya. Jadi ku makan tiga-tiganya. Dan tetap saja masih merasa lapar. 

Ketika lebaran tiba, selera makan ku mulai tampak berubah. Biasanya aku bisa memakan segala jenis makanan. Hari lebaran biasa aku gunakan untuk kesempatan icip banyak ragam makanan. Apalagi ini pertama kalinya aku berlebaran di Solok. Aku sudah berencana mau banyak icip makanan unik. Nyatanya di hari lebaran, selera makanku mulai berubah. Aku tidak mau makan maknanan tertentu. Dan pengen banget makan makanan tertentu. Di hari pertama lebaran itu aku mau banget makan sate padang. Seolah harus makan itu. Dan kalau engga sedihnya luar biasa. 

Aku pergi jalan-jalan dengan suami. Kemudian sambil mencari sate padang. Tentu saja banyak yang belum berjualan. Kami mencari sampai jauh. Akhirnya menjelang maghrib ketemu juga sate padang. Syukurnya sate padang yang kami temukan rasanya sangat nikmat. Aku senang sekali. Ketika sate padang nya habis. Aku merasa pengen banget makan sup. Hari sudah hampir gelap. Kami pun pulang dan berencana mencari sup keesokan harinya.


Pilih pilih makanan ini berlanjut sampai aku dan suami pulang ke Tanjung enim tempat tinggal kami. Malah semakin parah. Aku benar benar ga bisa makan makanan tertentu. Sempat beberapa hari ga makan nasi. Mencium aroma nasi saja sudah mual. Aku maunya makan makanan tertentu. Misalnya untuk siang ini aku hanya mau minum jus. Malamnya hanya mau makan es krim. Pagi besoknya hanya mau makan pempek panggang. Dan aku mulai bertambah lemah.

Tanggal 11 Juni berarti aku sudah sepuluh hari telat haid. Aku jadi berani untuk tes kehamilan. Kebetulan kebutuhan sehari-hari kami banyak yang habis, jadi kami pergi belanja ke minimarket terdekat. Di sana ada jual alat tes kehamilan, Yang kami beli adalah Sensitif Stip. Tertulis di sana "superbrand". Harganya Rp 21.000.

Sebelum memakainya aku cari dulu informasi di internet. Dari informasi yang kudapat katanya tesnya bagusnya pagi hari. Meskipun tertulis di kemasannya bahwa alat tes itu akurat kapan saja, pagi, siang, malam tak masalah. Tapi untuk hasil maksimal aku mau pagi hari juga. Katanya yang di tes adalah air kencing pertama saat baru bangun pagi.

Pagi tanggal 12 Juni begitu bangun aku langsung menggunakan alat tesnya. Hasilnya positif hamil. Aku senang sekali. Dulu sempat khawatir apakah aku akan sulit hamil. Karena aku dari pertama haid seaktu SMP, haid ku tak teratur. Pernah dengar ibu ibu yang bilang kalau haid tidak teratur tidak masalah. Karena ia juga haid tidak teratur tapi ia punya anak tiga. Namun banyak yang bilang kalau haid tidak teratur tanda tidak normal. Jadi memang aku sempat khawatir masalah kehamilan ini. "Alhamdulillah" kata suamiku. Aku hari itu pengen banget makan roti bakar. Kami pun mencari roti bakar.

Semakin hari keadaan ku semakin lemah. Aku kurang makan. Aku jadi bertambah pusing terutama menjelang maghrib. Kadang rasa seperti mau pingsan. Dan kadang berhalusinasi. Aku seolah melihat bayangan ini itu. Suasana film horor. Aku pun sulit tidur. Beberapa kali terbangun tengah malam. Aku sempat cari artikel tentang gejala ini di situs kesehatan. Ternyata gejala kurang nutrisi. Aku baru tahu ternyata kurang nutrisi bisa mengakibatkan orang berhalusinasi. Aku jadi ingat kata pepatah, "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

Dan akhirnya kami membeli susu untuk ibu hamil. Lalu kami juga membeli buah apel untuk tambahan nutrisi. Jadi susu dan apel kini menjadi menu harian. Sehari aku makan tiga buah apel. Baru akhirnya merasa lebih baik. Mual ku berkurang. Namun nyatanya hanya bertahan beberapa minggu. Kemudian aku bertambah sensitif terhaadap bau. Dan mual pun meningkat. Aku jadi semakin sering merasakan mual mual.

Barulaah kami memutuskan untuk benar benar mengecek ke bidan. Bagus juga untuk memastikan supaya lebih yakin. Kami pun mencari bidan terdekat. Di sana tes pek lagi. Dan ternyata hasilnya memang positif. Kemudian cek kadar Hb pada darah ternyata normal. Cek kondisi gizi ibu hail juga normal. Yang mengejutkan adalah berat badanku yang ternyata 48 kilo. Ini berat badan tertinggi seumur hidupku selama ini. Selama ini paling tinggi 45. Kalau sudah 45 paling akhirnya turun lagi. Dan bidannya malah bilang, "nanti berat badannya harus naik sekilo setiap bulannya ya mbak."

Hmmm.. gitu ya.. aku pernah dengar sih dari kakak perempuanku sewaktu ia hamil dulu. Ia juga mengatakan hal yang sama. Dan ayukku banyak makan buah plus kurma dan madu. Ia berhasil menjalani kehamilan yang kuat dan sehat. Dan lahirannya dengan normal dan lancar. Anaknya juga sehat dan kuat. Aku pun berniat membeli madu dan kurma. Plus kismis juga katanya.

Bidannya kemudian memberikan buku catatan kehamilan. Buku tersebut dari Kementerian Kesehatan ternyata. Isinya mencakup informasi tentang kehamilan, melahirkan, merawat anak, dan tumbuh kembang anak yang baik. Buku yang sangat cukup menjadi panduan menurutku. Lalu diberikan obat anti mual dan suplemen asam folat. Obat mualnya hanya diminum saat mual saja. Sedangkan suplemen asam folat nya diminum sehari sekali. "Asam folatnya harus habis selama satu bulan ya, mbak" kata bidannya.


Dan ternyata setelah minum asam folat di awal malam, malamnya aku terbangun dalam keadaan bingung. Aku merasa aneh dengan keadaan sekitar. Bahkan heran aku ada di mana. Seperti orang hilang ingat di sinetron sinetron. Paginya aku baru sadar kalau ini mungkin pengaruh asam folat suplemen itu. Aku langsung cari tahu informasinya di situs kesehatan internet. Dan memang ternyata salah satu gejalan kelebihan asam folat adalah kebingungan. Yah memang ga boleh kurang ga juga boleh berlebih. Mungkin aku sudah dalam kondisi tidak perlu tambahan asam folat. Karena sehari sudah makan apel tiga buah, sudah minum susu hamil, dan makan es krim.

Dan kabar kurang baik datang dari bagaimana cara USG. Ternyata di Tanjung Enim tak ada dokter kandungan perempuan. Ada dokter yang bisa melakukan USG. Bahkan ada beberapa yang sudah senior. Tapi semuanya laki-laki. Dokter kandungan perempuan adanya di Muara Enim, pusat kotanya Kabupaten Muara Enim. Tapi ke sana lumayan jauh. Jalanannya juga jelek, berluang lubang. Dan banyak mobil mobil super besar pengangkut batu bara. Malah akan menajdi perjalanan yang membahayakan ibu hamil sepertinya. Yang satu ini belum ada solusinya. Mungkin akhirnya akan ke dokter laki-laki. Atau mungkin akan ada solusi lain.

Thanks for reading & sharing ninamustika.com

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email