Panduan untuk Kehamilan Sehat

kehamilan sehat

ninamustika.com_Assalamualaikum.wr.wb. Kehamilan merupakan suatu proses dimana manusia baru dinantikan dari dalam kandungan seorang wanita. Menjalani kehamilan sehat adalah impian setiap orang. Meskipun begitu, nyatanya kehamilan sehat adalah sesuatu yang kadang terasa sangat sulit diraih kecuali dengan usaha dan kerja keras dari pasangan suami istri. Pasalnya, saat kehamilan, ada banyak kesulitan yang akan dialami ibu hami. Mulai dari semester pertama sampai dengan semester terakhir dan menanti kelahiran bayi. Semester pertama menjadi awal yang kadang sangat menyulitkan. Ada sebagian orang yang bahkan harus dirawat inap di rumah sakit karena sudah sangat memerlukan bantuan medis.

Periksakan Kehamilan Kita


Segeralah ke dokter atau bidan jika terlambat datang bulan. Periksa kehamilan paling sedikit 4 kali selama kehamilan. Satu kali di trisemester pertama. Satu kali di trisemester kedua. Dua kali di trisemester ketiga atau terakhir. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan kandungan setiap bulannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan ibu hamil dan perkembangan janin secara teratur. Hal- hal yang bisa didapatkan ibu hamil saat pemeriksaan kandungan adalah; Pengukuran tinggi badan ibu hamil. Penimbangan berat badan. Pengukuran tekanan darah ibu hamil. Pengukuran lengan atas (LiLA). Pengukuran tinggi rahim. Penentuan letak janin (presentasi janin) dan penghitungan denyut jantung janin. Penentuan status Iminisasi Tetanus Toksoid (TT). Pemberian tablet tambah darah. Tes laboratorium. Konseling atau penjelasan. Tata laksana atau mendapatkan pengobatan.

Pengukuran tinggi badan ibu hamil

Bila tinggi badan kurang dari 145 cm, maka akan muncul resiko kemungkinan sulit melahirkan secara normal. Hal ini dikarenakan faktor panggul sempit. Tapi tentu banyak juga yang bisa melahirkan normal. Resiko ini baik disikapi dengan lebih menjaga kesehatan fisik dan mental ibu hamil. Semoga mendapatkan kemudahan dalam persalinan.

Penimbangan berat badan ibu hamil

Salah satu hal terpenting untuk dikontrol pada ibu hamil adalah berat badan. Di awal kehamilan ibu hamil memeriksa berapa berat badannya. Sejak bulan keempat, pertambahan berat badan ibu hamil minimal adalah satu kg/bulan. Kemudian setiap bulan ibu hamil baiknya mengetahui perkembangan berat badan. Jika ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan, pastikan mendapatkan tambahan vitamin. Pengalaman pribadi aku, di bulan pertama dapat suplemen asam folat. Bulan kedua aku dapat suplemen zat besi. Bulan ketiga dapat suplemen vitamin.

Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LiLA)

Bila LiLa kurang dari 23,5 cm ini menunjukkan ibu hamil kemungkinan kurang energi. Dikhawatirkan mungkin melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Pemeriksaan ini bertujuan memberi pengetahuan ibu hamil tentang kondisi energi ini. Diharapkan ibu hamil lebih bersemangat dalam menjaga kesehatan kehamilan. Juga diharapkan suami men-support istrinya dengan perhatian dan kasih sayang. Penting sekali suami sebisa mungkin mendampingi saat ibu hamil memeriksa kehamilan.

Pengukuran tinggi rahim

Pengukuran tinggi rahim ini untuk melihat pertumbuhan janin. Apakah sesuai dengan usia kehamilan atau tidak. Diharapkan pertumbuha  janin selalu sesuai dengan usia kehamilan. Jika tidak, bisa segera diatasi dengan bantuan petugas kesehatan.

Penentuan letak janin (presentasi janin) dan penghitungan denyut jantung janin

Aku paling suka sesi ini. Saat pertama kali pemeriksaan kehamilan, aku yang tanya langsung, "Dimana letak janinnya?" Lalu petugas kesehatan menunjukkannya. Bulan berikutnya dilakukan lagi pemeriksaan letak janin. Posisinya telah berubah karena pertambahan ukuran janin. Letaknya di dua jari bawah pusar. Saat diperiksa denyut jantung, ternyata telah terdengar. Pemeriksaan denyut jantung dengan menggunakan doppler. Tapi belum jelas kedengarannya. Hanya petugas kesehatan yang paham betul. Bulan berikutnya lagi, denyut jantung janin sudah terdengar jelas. Aku senang sekali mendengarnya, Alhamdulillah.

Pemeriksaan posisi janin juga berguna untuk kemudahan persalinan. Apabila pada trisemester tiga kepala janin belum masuk panggul, berarti ada kelainan. Terleih bila denyut jantung kurang dari 120 kali/menit atau lebih dari 160 kali/menit. Ini adalah kondisi gawat janin. Harus segera rujuk ke rumah sakit.

Penentuan status Imunisasi Tetanus Taksoid (TT)

Biasanya suntik TT diminta untuk diberikan kepada calon pengantin perempuan sebelum menikah. Saat mendaftarkan penikahan ke KUA, pihak KUA akan meminta calon pengantin perempuan menunjukkan status suntik TT. KUA akan merekomendasikan pusat kesehatan masyarakat terdekat untuk mendapatkan suntik TT. Di pusat kesehatan masyarakat, calon pengantin perempuan akan diperiksa apakah perlu dilakukan suntik TT apa tidak. Jika suntik imunisasi pada calon pengantin perempuan sudah lengkap saat masa kecilnya, biasanya akan dinyatakn tidak perlu untuk suntik TT.

Pemberian tablet tambah darah

Bisa jadi petugas kesehatan akan memberikan tablet tambah darah jika dirasa diperlukan ibu hamil. Biasanya tablet penambah darah diberikan di awal kehamilan. Tablet ini diminum sehari satu kali. Tablet diminum saat malam hari untuk mengurangi rasa mual. Kalau pengalaman aku sih aku ngga dikasih tablet tambah darah. Mungkin karena kondisi darahku normal. Aku hanya dikasih kapsul asam folat. Kemudian suplemen zat besi. Lalu suplemen vitamin.

Tes laboratorium

Tes golongan darah dilakukan jika ibu hamil belum mengetahui golongan darah yang dimiliki. Golongan darah penting diketahui untuk mempersiapkan donor darah bagi ibu hamil bila diperlukan. Lalu ada tes hemoglobin untuk memeriksa keadaan darah apakah kurang darah atau anemia apa tidak. Di awal pemeriksaan kehamilan juga dilakukan tes urin untuk memastikan kehamilan.

Konseling atau penjelasan

Hal ini sangat diperlukan sebagai informasi tambahan untuk ibu hamil dan pasangan. Jika ada yang ingin ditanyakan oleh ibu hamil, bisa ditanyakan pada petugas kesehatan. Misalnya tentang makanan apa saja yang harus dihindari. Makanan apa saja yang baiknya dikonsumsi. Jika ada keluhan baiknya disampaikan agar mendapata penanganan yang cepat dan tepat. Penjelasan tentang kehamilan diberikan secara bertahap sesuai dengan usia kehamilan.

Tata laksana atau mendapatkan pengobatan

Kehamilan yang sehat tentu sangat diharapkan apalagi setelah menjalani semua saran dari petugas kesehatan. Namun jika ibu hamil mempunyai masalah, segera periksakan. Pemeriksaan di saat ada masalah tidak menunggu jadwal pemeriksaan rutin. Misalnya ibu hamil mengalami flek pada kehamilan. Baiknya segera periksa ke petugas kesehatan untuk mendapatkan penanganan.

Perawatan Sehari-hari


Sebaiknya ibu hamil makan dengan beragam makanan secara proporsional. Konsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari. Konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung dan lain sebagainya. Protein nabati dari tahu dan tempe juga sangat baik. Ini mudah dilakukan jika tidak mengalami mual muntah yang berat. Jika mengalami mual muntah yang berat maka bisa dilakukan dengan bertahap dan berusaha sebisanya. Konsumsi susu hamil yang membantu pemenuhan nutrisi saat terjadi mual muntah. Perbanyak minum air putih. Minimal 10 gelas per hari.

Tidur siang sangat baik untuk ibu hamil. Bisa hanya 30 menit saja. Malamnya usahakan cepat tidur. Meski ibu hamil rentan memilki gangguan tidur. Setidaknya beristirahat dengan berbaring. Posisi tidur sebaiknya miring. Hindari kerja berat dan hindari mengangkat barang berat. Hindari minuman bersoda, berkafein, dan jamu.

Senam untuk Kehamilan Sehat


Tujuan dilakukan senam pada ibu hamil adalah untuk mengurangi dan mencegah timbulnya hal-hal yang mengganggu dalam masa kehamilan. Contohnya sakit pinggang dan bengkak pada kaki. Juga bagus untuk mengurangi ketengangan otot-otot sandi sehingga mempermudah proses kelahiran nantinya. Senam untuk kehamilan sehat sangatlah mudah. Baiknya dilakukan setiap hari, secara rutin dan terus menerus. Ibu hamil butuh dukungan dari suami dan keluarga untuk tetap bersemangat senamnya. Namun senam perlu dihentikan jika ada sakit perut, pendarahan, demam, dan kondisi tubuh yang kurang sehat pada ibu hamil.


Senam untuk kaki

Duduklah dengan kaki diluruskan ke depan dengan tubuh bersandar tegak lurus (Rileks)
Tarik jari-jari kaki ke arah tubuh secara perlahan-lahan lalu lipat ke depan
Lakukan sebanyak sepuluh kali, perhitungan sesuai gerakan
Tarik kedua telapak kaki ke arah tubuh secara perlahan dan dorong ke depan
Lakukan sebanyak sepuluh kali, perhitungan sesuai gerakan


Senam duduk bersila

Duduklah bersila
Letakkan kedua telapak tangan di atas lutut
Tegakkan lutut ke bawah dengan perlahan-lahan
Lakukanlah sebanyak sepuluh kali

catatan: senam duduk bersila baik dilakukan selama sepuluh menit. Sebanyak tiga kali sehari.


Senam untuk pinggang

Tidurlah terlentang dan tekuk lutut, tapi jangan terlalu lebar
Arah telapak tangan ke bawah dan berada di samping badan
Angkat pinggang secara perlahan
Lakukan sebanyak sepuluh kali

Kemudian, badan dalam posisi merangkak
Sambil menarik nafas, angkat perut berikut punggung ke atas dengan wajah menghadap ke bawah membentuk lingkaran
Sambil perlahan-lahan mengangkat wajah, hembuskan nafas, turunkan punggung kembali dengan perlahan
Lakukan sebanyak sepuluh kali


Senam dengan satu lutut

Tidurlah terlentang
Tekuk lutut kanan
Gerakkan lutut kanan perlahan ke arah kanan lalu kembalikan
Lakukan sebanyak sepuluh kali

catatan: lakukan hal yang sama pada lutut kiri


Senam dengan kedua lutut

Tidurlah terlentang
Kedua lutut ditekuk dan saling menempel
Kedua tumit dirapatkan
Kaki kiri dan kaki kanan saling menempel
Kedua lutut digerakkan perlahan-lahan ke arah kiri kemudian ke arah kanan
Lakukan sebanyak delapan kali

2 Responses to "Panduan untuk Kehamilan Sehat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel