Pengalaman Beli Aplikasi Menggunakan Pulsa

Beli aplikasi

Smartphone Android

www.ninamustika.com_ Assalamualaikum Wr. Wb. Smartphone android sekarang telah menjadi bagian dari hidup sebagian besar masyarakat dunia. Hampir semua orang memiliki alat canggih ini untuk berbagai kebutuhan. Diantaranya kebutuhan sebagai alat komunikasi, hiburan, belajar, juga belanja berbagai keperluan secara online. Tentunya aku termasuk salah satu masyarakat dunia yang telah mengganggap smartphone android sebagai bagian dari kebutuhan yang penting. Berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan di android membuat kita betah menatap layar android tersebut beralama-lama.

Hal yang paling aku anggap penting dari mempunyai android adalah memudahkan komunikasi. Alat komunikasi yang paling sering aku gunakan adalah whatssap. Kemudian tentu juga bermedsos ria. Hampir semua teman akan berbagi kabar melalui medsos. Aku pernah lama sekali ga update medsos. Ada sahabat yang menyatakan "Jangan begitu. Aku kan lihat kabar kamu dari medsos. Kalau kamu sering update, aku jadi bisa lihat kamu." Begitulah zaman sekarang. Silaturahim dan ukhuwah dapat terjalin melalui medsos. 

Kemudian aku juga beberapa kali menggunakan aplikasi belanja online. Berbelanja secara online memiliki banyak kelebihan. Pertama, kita ga capek harus keliling pasar. Cukup stay di sebuah kursi dan berselancar di aplikasi belanja online. Kedua, ada banyak pilihan. Variasi pilihan barang kebutuhan lebih banyak tersedia di berbagai aplikasi belanja online. Ketiga, harganya kadang lebih murah. Bahkan ada yang jauh lebih murah. Hitung-hitungannya jadi lebih hemat belanja online. Belum lagi terkadang ada berbagai diskon yang menarik. Dan banyak kelebihan lainnya.

Berikut aku juga mulai menggunakan android untuk mengupgrade ilmu pengetahuan dan kemampuan diri. Ada banyak aplikasi edukatif yang tersedia untuk android. Banyak yang gratisan banyak juga yang berbayar. Belajar dengan menggunakan aplikasi di android sangat memudahkan para pelajar. Selain praktis, aplikasi belajar banyak yang seru. Contoh aplikasi edukatif yang pernah aku gunakan adalah Aplikasi Hello English, English Pills, Reading Comprehension, Kamusku, KBBI, Tuneln Radio, dan Play Book.

Awalnya, aku selalu menggunakan aplikasi yang gratis. Di dalam aplikasi memang ada tawaran untuk meningkatkan ke versi berbayar. Namun aku menganggap yang gartis sudah cukup. Sampai akhirnya aku terpikir bahwa bagus juga berkontribusi bagi developer yang sudah berjasa membuat aplikasi tersebut. Aku pikir kalau aku ikutan kursus sudah berapa keluar biaya. Maka aku mulai mencoba untuk membeli aplikasi dengan arahan yang ada di dalam aplikasi. Contohnya aku membeli versi berbayar di aplikasi English Pills

Aplikasi ini menurutku bagus. Aku bisa banyak belajar di aplikasi ini. Ada banyak menu yang disediakan di aplikasi. Ada tentang Jokes, Proverbs, Riddles, Tongue-twisters, Idioms, Quotes, Murphy's Laws, Symbols, Adjectives, Oxymora, Palindromes, Philosophical Quetions, Abbreviations, Silent Letters, Phrasal Verbs, dan Irregular Verb. Aplikasi juga disertai dengan berbagai study tips dan kuis menarik. Kalau beli versi berbayar, harganya hanya Rp 33.000 saja. Murah banget dibandingkan beli buku panduan dengan materi selengkap ini. Murah banget juga dibandingkan harga kursus bahasa Inggris. 

Kelebihan versi berbayar adalah kelengkapan materi yang lebih banyak. Kemudian study tips yang lebih lengkap. Berikut juga menghilangkan iklan yang sering muncul saat menggunakan aplikasi. Cara membelinya mudah. Ada pilihan menggunakan pulsa. Aku lihat di aplikasi tersebut ada tulisan pilihan metode pembayaran. Salah satunya menggunakan jasa provider kartu pulsa kita. Aku memilih cara tersebut karena aku anggap paling mudah. Tinggal klik saja. Kemudian ikut panduan selanjutnya. Next klik sampai selesai proses pembelian. Pembelian pertamaku berjalan lancar.

Beli Buku di Play Book


Play Book adalah salah satu aplikasi yang populer. Aplikasi yang menjual berbagai jenis buku. Aku terpikir mau beli buku di aplikasi karena di daerah tempat tinggalku jarang ada penjual buku. Mungkin memang ga ada sama sekali. Beli di aplikasi memang ga punya buku fisiknya. Tapi kelebihannya malah lebih fleksibel menurutku. Teringat dulu sewaktu tugas di NTT, beberapa teman membawa buku dari daerah asal. Kemudian ketika selesai tugas dan akan pulang, mereka mengirimkan buku tersebut ke daerah asalnya lagi menggunakan jasa pos. Jumlah bukunya bahkan sampai ber dus-dus. Maka di sinilah kelebihan e-book. Bisa dibawa kemana-mana tanpa ribet.

Jenis buku yang ada di Play Book ada banyak. Harganya juga bervariasi. Juga tersedia beberapa buku gratis. Tapi kebetulan aku tertarik dengan buku yang ga gratis. Pertamanya aku beli buku yang harganya murah. Harga buku tersebut hanya Rp. 5000 saja. Buku dengan tema pengasuhan anak. Awal aku tertarik dengan buku ini karena aku sedang butuh referensi pengasuhan anak. Aku belum lama ini memulai kegiatan baru. Aku mengajar di bimbel yang peserta didiknya kebanyakan anak SD. Aku sebelumnya kurang pengalaman mengajar anak-anak. Jadi aku tertarik. Judul buku yang aku beli itu adalah:  Mendidik Anak dengan Kelembutan.

Buku ini berjumlah 32 halaman. Mungkin sekitar 3000 kata yang ada di dalamnya. Tapi ilmunya sangat bermakna. Aku tidak menyesal membelinya. Kulanjutkan membeli buku berjudul: Benarkah Ada Anak yang Tidak Punya Semangat Belajar. Harganya Rp 5000 juga. Lalu buku Sabar Bukanlah dengan Cara Menahan Emosi - Rp 5000 dan buku Tiada Orang Tua Yang Sempurna - Rp 5000. Semua buku itu belinya dnegan menggunakan pulsa. Tinggal klik "Beli" kemudian pilih metode pembayaran dengan pulsa. Selesai dan buku langsung bisa di-download. Selain itu aku juga ada coba download dua buku gratis yang bagus banget isinya, yaitu buku Bincang Pengasuhan dan buku Bincang Pernikahan.

Pembelian Aplikasi Ditolak

beli aplikasi

Suatu hari aku tertarik dengan aplikasi untuk edit video. Developer aplikasi tersebut berasal dari luar negeri. Aplikasinya unik menurutku. Aplikasi ini tidak terlalu populer. Harga pembelian dalam aplikasi ini tergolong murah. Hanya Rp 78.000 saja. Aplikasi ini memang bisa digunakan gratis tanpa watermark di video yang kita edit. Tapi ada banyak fitur yang tidak bisa digunakan. Pilihan tema dan aksesoris yang bisa memperindah video pun terbatas. Hanya dengan Rp 78.000 maka bisa menggunakan semua fitur. Jadi penggunaan aplikasinya maksimal. Video yang dihasilkan juga maksimal. Aplikasi yang lain yang lebih populer biasanya pembelian aplikasinya sangat mahal. Aku jadi tertarik dengan aplikasi ini.

Sebelum membeli aplikasi aku mengisi pulsaku terlebih dahulu. Aku beli pulsa Rp 100.000. Setelah pulsa masuk ke nomorku. Aku langsung masuk ke aplikasinya. Ada menu pembelian di sana. Ada tombol bertuliskan harga aplikasinya, yaitu Rp 78.000. Tinggal klik saja tombol itu. Lalu ada pilihan metode pembayaran. Aku pilih provider nomor kartu prabayarku. Kemudian nama providernya muncul dan tinggal klik saja. Tak disangka muncul notifikasi "Pembelian ditolak". Lalu layar kembali ke menu awal. Aku penasaran langsung cek jumlah pulsaku. Ternyata sudah terpotong dengan harga pembelian tersebut. Aku diam sejenak.

Aku kasih jarak sekitar dua jam untuk menunggu siapa tahu ada keajaiban. Ternyata setelah dua jam tidak ada keajaiban sama sekali. Pulsaku memang terpotong. Aplikasi itu memang gagal terbeli. Aku langsung mencari nomor kontak yang bisa dihubungi dari pihak developer aplikasinya. Ada di dalam aplikasi tersebut alamat email developer. Aku langsung mengirimkan email tentang pembelian yang bermasalah tersebut. Hanya selang beberapa menit saja email sudah dibalas. Isinya adalah penyataan mereka bahwa mereka tidak bertanggung jawab. Kata mereka, harusnya kalau pembelian ditolak, tidak akan ada biaya yang mereka ambil.

Aku duduk sejenak berpikir. Lalu mencari informasi di aplikasi Play Store untuk mencari tahu. Tenryata tidak ada riwayat pembelian samasekali untuk aplikasi ini. Tidak ada pula yang bisa ditemukan di aplikasi Play Store. Aku teringat mungkin saja bermasalah dari providernya. Aku lalu menghubungi customer service provider kartu prabayarku lewat email. Selang satu jam email dibalas. Isinya adalah permohonan maaf bahwa memang sedang terjadi gangguan pada jasa pembelian dalam aplikasi Play Store dari perusahaan mereka. Mereka juga sedang melakukan perbaikan dan upgrade pada sistem mereka. Kemudian aku diminta menunggu selama 1x24 jam.

Aku memutuskan untuk menunggu saja. Sampai 2x24 jam berlalu tanpa ada informasi lanjutan. Aku mengirimkan email kembali kepada alamat email costumer service tersebut. Aku memohon dibantu untuk mendapatkan pulsaku kembali. Selang beberapa menit saja, emailku dibalas. Isinya adalah meminta data lengkap terkait aku berikut juga terkait pembelian tersebut. Setelah melengkapi data aku mengirimkannya kepada mereka. Kurang lebih satu jam, ada email lagi dari email costumer service tersebut. Katanya mereka sedang mengupayakan pengembalian pulsaku. Aku diminta menunggu selama 72 jam.

Aku menunggu saja sampai lewat dari 72 jam. Kemudian aku mengirimkan email lagi dengan mengatakan bahwa aku sudah nunggu lebih dari 72 jam tanpa kabar. Kemudian aku memohon untuk diberi penjelasan. Supaya aku paham gitu apa yang sebenarnya terjadi. Hehehee... Setalah beberapa jam akhirnya emailku dibalas. Mereka mengatakan bahwa masih dikoordinasikan. Dan mereka meminta aku menunggu selama kurang lebih empat hari kerja. Setelah aku membaca email tersebut, ada pula SMS masuk ke nomorku. Isisnya penjelasan yang mirip. Mereka sedang mengusahakan pulsaku kembali. Aku diminta menunggu maksimal empat hari kerja.

Setelah tiga hari menunggu, akhirnya ada masuk SMS dari provider. Isinya seperti berikut:

Plgn Yth, menindak lanjuti keluhan anda, kami sudah melakukan penyesuaian pulsa. Saldo pulsa anda berubah menjadi Rp 106218. Terima kasih.

Aku senang ya dong. Kebetulan kuota data internetanku sudah mau habis. Aku langsung cek pulsa. Memang benar pulsaku sudah bertambah kembali. Aku langsung membeli paket data. Alhamdulillah. Ga sia-sia ternyata dengan izin Allah. Tapi kejadian ini lumayan membuatku jera membeli aplikasi. termasuk membeli buku di aplikasi dengan menggunakan pulsa. Mungkin lain kali kalau memang aku anggap penting banget mau beli aplikasi, aku akan memakai cara lain yakni menggunakan kartu saldo google yang biasanya ada dijual di minimarket-minimarket. Mungkin lebih aman karena memang langsung produk dari google juga. Tapi nanti pada suatu saat. Sekarang aku mau ngadem aja dulu. 

0 Response to "Pengalaman Beli Aplikasi Menggunakan Pulsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel