Kelebihan Menjadi PNS

ASN

PNS adalah singkatan dari Pegawai Negeri Sipil. PNS disebut juga ASN. ASN adalah singkatan dari Aparatur Sipil Negara. PNS atau ASN merupakan pekerja yang bekerja, bertanggungjawab, dan diupah oleh negara. Sampai saat ini, peminat untuk menjadi PNS sangat banyak. Bahkan pendaftaran CPNS selalu membeludak. Apa penyebabnya? 

Penyebabnya karena menjadi PNS memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan menjadi seorang PNS telah dirangkum dalam beberapa poin berikut ini. Yuk kita simak.

➊ Gajinya Stabil
Siapa sih yang tidak mau memiliki penghasilan yang stabil. Kebanyakan orang tentu menginginkan kestabilan pendapatan. PNS memiliki gaji yang rutin dari pemerintah. Banyak sedikitnya pekerjaan yang musti dilakukan dalam tiap bulan tidak mempengaruhi kestabilan gaji PNS. Misalnya saja bulan Januari pekerjaan sangat sedikit, tetap saja gaji tidak berubah. Bahkan jika banyak libur sekalipun. Jumlah gaji tetap dibayarkan dalam jumlah yang sama.

Jika dibandingkan dengan pekerja yang memiliki penghasilan tidak tetap. Maka kestabilan gaji PNS ini cukup membuat orang-orang tergiur. Kebanyakan orang akan tetap mengincar PNS sebagai profesinya.

➋ Pekerjaannya ringan
Banyak orang mengatakan bahwa menjadi PNS menjajikan kehidupan yang santai. Kenapa? Karena pekerjaannya ringan. Sebenarnya ini, kawan, tergantung lembaga apa yang ditempati. Ada beberapa instansi yang memiliki pekerjaan yang sangat menyibukkan. Ada beberapa instansi yang memiliki pekerjaan yang memang sangat sedikit. Sedikit banyak pekerjaan ini tidak menjadikan perbedaan gaji yang besar. 

Ada beberapa instansi yang gajinya dilebihkan. Mungkin karena pekerjaannya dianggap berat. Namun kasus tunjangan sertifikasi guru merupakan hal yang kurang tepat. Dimana saat pemerintah ingin menaikkan gaji guru, pekerja lain juga menuntut persamaan. Padahal profesi berbeda.

❸ Ada Pensiunan
Salah satu yang membuat PNS nyaman adalah karena adanya jaminan hari tua. Walaupun nantinya sudah tidak mampu lagi bekerja, gaji tetap ada. Memang jumlahnya akan berbeda dengan ketika masih aktif bekerja. Tapi tetap saja ada jaminan untuk bisa memiliki penghasilan yang stabil. 

Beberapa pekerjaan lain yang bukan PNS tidak memiliki jaminan hari tua. Maka bagaimana kehidupan hari tua kelak menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Masa muda pun harus dipersiapkan untuk mempersiapkan hari tuanya. Tidak demikian dengan PNS. Karena itu juga PNS lebih terlihat santai.

❹ Terhormat di Tengah Masyarakat
Karena lolos melalui seleksi yang ketat. Juga memiliki saingan yang teramat sangat banyak. Maka wajar jika profesi PNS menjadi terhormat di tengah masyarakat. Memakai seragam PNS menjadi kebanggaan bagi sebagian orang.

Tak jarang pula ada orang yang mau jadi PNS justru karena perasaan terhormat itu. Sudah menjadi perbincangan umum dimasyarakat bahwa PNS itu terlihat keren. Memang PNS itu keren karena merupakan orang yang lolos dari serangkaian tes yang berat dan panjang. Saingannya pun sangat banyak.

❺ Adanya tunjangan istri dan anak
Salah satu kelebihan PNS juga nih, kawan, yaitu adanya tunjangan istri dan anak. Tunjangan ini diberikan sebagai tambahan di gaji pokok. Sehingga gaji menjadi bertambah. Selain tunjangan itu ada juga jaminan kesehatan untuk istri dan maksimal dua anak.

❻ Pensiunan Janda
PNS juga ada pensiunan janda loh. Jika PNS (suami) meninggal, maka istrinya tetap mendapatkan gaji dari suami yang sudah meninggal. Gaji dari suami yang sudah meninggal disebut pensiunan janda. Jumlahnya memang tidak besar. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan gaji suami ketika hidup. Namun sudah bisa dijadikan sebagai pegangan untuk melanjutkan kehidupan asal berhemat.

Pensiunan janda ini berlaku sampai janda tersebut meninggal. Terus berlaku kecuali jika janda tersebut menikah lagi. Begitu janda tersebut menikah lagi, maka pensiunan jandanya dicabut.

Itulah beberapa kelebihan PNS yang sudah penulis rangkum. Semoga bermanfaat. Terkhusus untuk kamu yang sedang mencari tahu info tentang kelebihan apa saja yang dimiliki PNS.

2 Responses to "Kelebihan Menjadi PNS "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel