Cara Mengatasi Demam, Batuk, dan Flu pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Demam, Batuk, dan Flu pada Ibu Hamil

Di musim pancaroba, cuaca gampang berubah. Kadang perubahan cuaca panas dan cuaca hujan bisa secara cepat bergantian di waktu dekat. Hal seperti ini yang biasanya membuat kita gampang drop. Kalau kondisi sedang drop, maka penyakit mudah datang.

Penyakit yang umum di musim pancaroba biasanya demam, batuk, dan flu. Jika terkena penyakit ini bisa segera minum obat. Namun bagaimana dengan ibu hamil? Ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat.

Apapun yang dimakan oleh ibu hamil akan berpengaruh pada janin. Tumbuh kembang janin bergantung pada apa yang dikonsumsi ibu hamil. Memperhatikan apa yang masuk ke tubuh adalah keharusan bagi ibu hamil. Lantas bagaimana mengatasi demam, batuk, dan flu pada ibu hamil?

Ada beberapa cara alami yang bisa ibu hamil lakukan. Beberapa cara alami terbukti efektif menyembuhkan demam, batuk, dan flu pada ibu hamil. Hal ini baik dilakukan daripada langsung meminum obat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa bumil lakukan.

1. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat akan membuat tubuh rileks. Ibu hamil akan merasa lebih nyaman jika mandi dengan air hangat. Apakah mandi air hangat aman? Tentu saja aman. Pastikan suhu air hangat, bukan panas. Berpanas seperti sauna memang dilarang untuk ibu hamil.

Mandi air hangat juga tidak memakan waktu lama. Maka dipastikan mandi air hangat dalam waktu yang tidak sampai sepuluh menit aman bagi ibu hamil. Suhu yang hangat ini baik untuk menyembuhkan  demam. Suhu hangat juga bisa menyembuhkan batuk. Karena suhu yang hangat melegakan saluran pernapasan.

2. Berkumur dengan Air Hangat yang dikasih Garam
Mengatasi demam, batuk, dan flu memang identik dengan yang hangat-hangat. Termasuk berkumur dengan air hangat. Air hangat bisa dicampur dengan sedikit garam. Air hangat yang dikasih garam bisa membantu meredakan radang tenggorokan. 

3. Makan Sup Hangat
Berikutnya, sup hangat juga dianjurkan. Sup yang merupakan makanan berkuah baik untuk melegakan tenggorokan. Selain itu nutrisi dari sup juga baik untuk ibu hamil. Makan sup hangat bisa menjadi obat sekaligus makanan yang enak untuk ibu hamil.

4. Menjaga Kebersihan Rumah
Menjaga rumah tetap bersih baik untuk pemulihan batuk. Jika keadaan rumah dan semua perbotan bersih, batuk akan lebih ringan untuk disembuhkan. Karena rumah dan perabotan yang kotor dan berdebu akan cepat memicu batuk. Apalagi jika ibu hamil adalah orang yang sensitif atau alergi terhadap debu.

5. Berobat ke Bidan atau Dokter
Jika demam, batuk, dan flu tak kunjung sembuh setelah satu minggu, lebih baik berobat ke bidan atau dokter. Ceritakan semua keluhan yang bumil rasakan. Mintalah saran pada bidan atau dokter. Kemudian bidan dan dokter akan memberikan obat yang aman untuk ibu hamil.

Meski bisa berobat langsung ke bidan atau dokter, alangkah baiknya jika mencoba cara alami terlebih dahulu. Membiasakan berobat dengan cara alami akan baik bagi tumbuh kembang janin. 

Setelah bumil sembuh dari demam, batuk, dan flu bumil, baiknya tingkatkan imun bumil. Bumil menjaga kesehatan sebaik mungkin. Kondisi imun yang baik bisa diusahakan dengan makan makanan yang bernutrisi tinggi. Selain baik untuk tumbuh kembang janin, juga baik untuk menjaga sistem imun bumil.

Bumil juga harus memperhatikan sekeliling bumil. Hindari dekat dengan orang yang sedang terkena batuk dan flu. Hal ini baik dilakukan untuk mencegah tertular batuk dan flu.

1 Response to "Cara Mengatasi Demam, Batuk, dan Flu pada Ibu Hamil"

  1. setuju banget makan sup hangat, kebutuhan internal sangat penting :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel