Peran Pengasuhan Seorang Ayah

Ayah


Peran Pengasuhan Seorang Ayah

Mungkin secara umum diketahui bahwa peran pengasuhan adalah tugas seorang ibu. Namun sesungguhnya anak-anak membutuhkan pula peran pengasuhan dari seorang ayah. Ibu memang telah banyak melakukan tugas pengasuhan. Lantas apa yang menjadi peran pengasuhan bagi Ayah? Berikut beberapa contohnya.

Eits, sebelumnya, yuk kita lihat pengertian pengasuhan di KBBI

Pengasuhan adalah proses, cara, perbuatan mengasuh.

Mengasuh adalah menjaga (merawat dan mendidik) anak kecil.

⓵ Memberikan Asupan Nutrisi Janin
Kenapa memberikan asupan nutrisi masuk dalam pengasuhan? Jawabannya adalah karena pengasuhan merupakan proses, cara, dan perbuatan menjaga, merawat dan mendidik anak. Pengasuhan memiliki makna yang luas. Salah satunya adalah menjaga. Menjaga anak bisa dimulai dari memberikan nutrisi yang baik sejak dalam kandungan.

⓶ Mengajak Janin Berbicara
Peran merawat dan mendidik anak juga bisa dimulai dari kandungan. Salah satunya dengan mulai mengajak anak berbicara. Memang anak belum akan merespon dengan jelas apa yang dibicarakan sang ayah. Namun sesungguhnya, sejak dalam kandungan, anak sudah mulai bisa mendengar. Jika anak sudah mulai mendengar suara ayahnya sejak dalam kandungan. Maka ia mulai bisa belajar mengenal sang ayah. Ia juga mulai bisa merasakan kasih sayang dan perhatian dari sang ayah.

⓷ Bergantian menjaga bayi
Setelah bayi lahir, tentu kerja keras seorang ibu akan bertambah. Keletihan selama hamil belum usai karena ada perjuangan pasca melahirkan. Misalnya saja ada nifas, tugas menyusui, dan merawat bayi. Hal ini harus dilakukan ibu sekaligus. Padahal ibu pasti sangat kelelahan. Maka bergantian menjaga bayi adalah peran besar yang diharapkan dari ayah.

⓸ Memastikan kesehatan ibu dan bayi
Kesehatan ibu dan bayi pasti menjadi perhatian ayah. Namun perlu diingat bahwa kesehatan bukan hanya kesehatan fisik. Kesehatan psikologis ibu dan bayi juga perlu diperhatikan. Terlebih ibu menyusui yang stress akan mengalami gangguan produksi ASI. Maka ayah harus bijak dalam menjaga perasaan ibu dan bayi.

⓹ Bersama mendidik anak
Anak semakin tumbuh besar dalam pengawasan ayah dan ibu. Kemudian anak mulai membutuhkan keterampilan dan pengetahuan. Tidak hanya ibu yang wajib mengajari anak tentang berbagai keterampilan dan pengetahuan. Peran ayah juga sangat diperlukan. 

⓺ Menjadi Contoh Bagi Anak
Anak adalah peniru yang sangat baik. Ia merekam apapun yang ia lihat dan dengar. Hal terpenting dari mendidik anak bukanlah hanya sekadar memberitahukannya akan sesuatu. Tapi menjadi teladan yang pantas ditiru. Jika ingin anak rajin tahajud misalnya, maka ayahlah orang pertama yang menunjukkan tentang pelaksanaan tahajud. 

⓻ Menegur Kesalahan Anak
Melakukan kesalahan adalah hal yang manusiawi. Begitupun pada anak. Jika anak melakukan kesalahan, maka ayah juga harus menegurnya. Tugas ini tentu bukan hanya tugas seorang ibu. Sehingga ayah juga harus memperhatikan anak-anaknya. Membersamai tumbuh kembangnya sampai kapan pun.

⓼ Menjadi teman anak
Mendidik anak bukan berarti menjadi berjarak dengan anak. Ayah bisa menjadi teman anak. Misalnya teman curhat anak. Ayah bisa belajar bersabar mendengar keluh kesah anak. Kemudian ayah bisa saja juga dijadikan anak sebagai sahabatnya. Ini salah satu cara yang baik untuk membentengi keluarga.

⓽ Membahagiakan anak
Membahagiakan anak adalah keinginan hampir semua orang tua. Tapi perlu diingat bahwa kebahagiaan anak bukan hanya bersifat materi. Jangan sampai ayah hanya sibuk mencari materi dengan alasan demi anak. Kemudian kurang menunjukkan kasih sayang pada anak. Kebersamaan dan canda tawa bersama anak juga bisa menjadi sumber kebahagiaan yang besar.

Itulah beberapa peran pengasuhan seorang ayah yang bisa untuk diterapkan dalam keluarga. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Peran Pengasuhan Seorang Ayah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel