Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membuat Blog

langkah langkah memulai blog

Membuat blog merupakan suatu hal yang mudah. Membuat blog di blogger misalnya. Kamu tinggal buka situs blogger.com kemudian mengikuti langkah-langkahnya. Anggap saja blogger.com itu adalah platformnya media sosial. Media dimana kamu dapat bersoialisasi. Karena memang di blogger.com kamu akan menemukan bahwa sosialisasi antar blogger itu perlu. Katakan saja misalnya kamu hanya ingin menulis pribadi. Kemudian tanpa melihat dan mengenal blog lain. Ada kemungkinan blog kamu akan dihilangkan dari blogger.com. Aku sendiri pernah mengalami hal demikian.

Aku mulanya membuat blog di tahun 2010. Pada waktu itu aku baru aja masuk perguruan tinggi. Kakakku telah masuk semester tujuh. Kakakku kuliah di universitas yang sama denganku, yaitu Universitas Bengkulu. Tapi kami berbeda jurusan. Aku Pendidikan Bahasa Inggris. Kakakku Teknik Informatika. Pada waktu itu seperti halnya mahasiswa baru lainnya, aku sedang sangat bersemangat. Kakaku kiranya tak kalah semangat. Beliau bercerita tentang ngeblog yang memiliki banyak manfaat. Latarnya nih, kawan, kakakku memang suka menulis. Beliau memiliki banyak prestasi di bidang kepenulisan. Khususnya di bidang karya ilmiah.

Bagaimana denganku? Aku suka juga menulis. Tapi tak begitu pandai seperti beliau. Aku dulu pernah mencoba menulis buku diary. Apakah kamu juga pernah? Ketertarikanku menulis muncul sejak aku SD. Sewaktu SD aku suka menulis puisi dan pantun kalau lagi dapat inspirasi. Awal mulanya karena kakekku yang memberikan buku. Buku itu adalah sebuah roman. Namun di dalamnya ada puisi dan pantun. Aku tertarik dengan rangkaian kata yang berirama seperti itu. Ini menunjukkan juga ya kalau stimulasi dari bisa membuat anak menyukai sesuatu. Seperti aku yang suka puisi dan pantun karena buku pemberian kakek.

Semasa SD aku menyukai dongeng, awal mulanya dikarenakan paman memberikan buku. Bukunya sebenarnya boleh pilih. Aku memilih sebuah buku karena covernya menarik. (Nah, catatan ini, cover yang menarik bisa membuat seseorang memutuskan untuk membeli buku). Buku itu adalah kumpulan dongeng. Semenjak itu aku jadi suka dongeng. Bahkan aku dan teman-temanku membuat grup story telling. Setiap jam istirahat anatar pelajaran, kami tidak jajan ke kantin seperti murid-murid lainnya (karena ga ada uang juga). Tapi kami berkumpul dan mulai melakukan story telling secara bergantian. Cerita yang dipilih boleh karangan sendiri ataupun dari cerita yang sudah ada.

Umuran SMP aku ga lagi suka story telling. Zaman SMP sudah banyak pekerjaan rumah dari sekolah. Memang banyaknya pekerjaan rumah itu mengurangi kreativitas murid berarti ya? Bisa jadi  kan. Bagaimana menurut kawan-kawan?Semasa ini aku mulai tertarik menulis cerita pendek. Karena pada masa ini ngetren majalah -majalah remaja yang di dlaamnya biasanya ada cerpen. Aku suka baca cerpen di sana. Aku jadi tertarik menulis cerpen. Namun kesukaanku tak berkembang banyak. Hanya sesekali menulis karena lagi ada inspirasi. Setelahnya malah hasil tulisan itu aku buang karena malu dengan diri sendiri.

SMA masih nih aku mulai tertarik dengan novel. Novel-novel yang pertama-tama aku baca adalah novel tentang anak-anak pencinta alam. Kemudian novel tentang cinta. Lalu noel tentang kerajaan. Aku tertarik banget sama novel tentang kerajaan. Bagiku seru aja, lebih komplek dan nyata ceritanya. Mungkin karena yang aku baca novel kerajaan terkait sejarah. Jadi ada nilai sejarahnya juga. Mungkin juga lebih hidup karena diangkat dari kisah nyata. Novel-novel kerajaan ini kemudian yang paling banyak aku baca. Namun tetap saja, sampai akhirnya aku menyelesaikan masa SMA, jumlah buku yang aku baca tak sebanyak jumlah buku yang dibaca murid-murid yang memnag gemar membaca.

Tahun 2010 ketika kakakku mengajakku mulai ngeblog, dengan latar dunia bacaku yang minim, aku memiliki pondasi ngeblog yang kurang baik. Aku pernah membuat blog khusus tentang pusisi saja. Kemudian aku malu sendiri bacanya, lalu aku hapus. Aku pernah buat blog tentang cerita-cerita, lalu malu sendiri bacanya, trus hapus blog. Trus aku mau mencoba lagi, aku buat, trus hapus lagi. Setelah kupikir-pikir akhirnya aku berhenti ngeblog. Sedangkan kakakku lanjut karena dia memang suka menulis. Aku pikir ngeblog cuma bisa kalau suka menulis dan memang pandai menulis seperti kakakku. Jadi aku berhenti.

Awal tahun 2018 ketika aku menyelesaikan kuliah berasrama, akhirnya aku ngeblog lagi. Kali ini berbeda dengan sebelumnya. Aku finally bisa bertahan setahun penuh tanpa meninggalkan blog. Aku juga bisa terus menulis alhamdulillah. Kenapa bisa? Karena ada yang berbeda. Aku memulai ngeblog dengan langkah yang benar. Aku memulai blog kali terakhir itu dengan cara yang lumayan tepat jika dibandingkan dengan nyaris sepuluh tahun yang lalu. Lantas apa saja yang harus dipertimbangkan jika mau mulai ngeblog? Berikut aku bagikan berdasarakan pengalaman pribadi aku.

❶ Niat
Niat yang kuat akan menguatkan kamu untuk tetap melaju walau badai menghadang.. ceilah lebay kan... Tapi niat memang penting. Kalau bahasa agama sih, "segala sesuatu tergantung niat". Artinya nih, niat memang sangat penting. Apasih niat kamu ngeblog, nin? Itu pertanyaan yang harus aku jawab ketika aku mulai mau buat blog. Karena aku baru selesai kuliah berasrama. Kemudian aku memutuskan untuk di rumah saja. Maka aku pikir ngeblog adalah jalan supaya apa saja yang selama ini pernah aku pelajari tetap bermanfaat. Sayang banget aku sudah dua puluhan tahun sekolah jika kemudian apa yang aku pelajari menguap begitu saja. 

Ngeblog adalah salah satu jalannya. Aku bisa tuliskan apa yang sudah aku pelajari. Siapa tahu bermanfaat. Kemudian ngeblog juga bisa buat aku mengenang apa saja yang sudah aku lalui. Aku bisa menulis sedikit pengalaman yang aku punya. Siapa tahu bisa membantu orang. 

Niat setiap orang tentu akan berbeda. Ada yang ngeblog dengan niat mengasah diri. Ada yang ngeblog dengan niat mengisi waktu luang. Ada yang ngeblog karena senang menulis. Ada yang ngblog karena mau dijadikan profesi. Niat yang jelas akan membuat kita tegas dalam melangkah natinya. Dalam menjalankan blog kita.

❷ Tema
Kenapa menentukan tema itu penting? Agar nanti ga hilang arah menurutku. Agar blognya juga memiliki fokus menurutku. Misalnya aku memilih tema pendidikan. Kemudian nama blognya adalah www.cuapguru.com. Maka itu akan menjadi pengingat aku pribadi untuk tetap fokus. Kalau aku sudah mulai lupa dengan niat awal, akan mudah kembali ke niat itu. Karena secara keseluruhan tema  blog akan mengingatkanku kemana arah blog. Walau tulisan tentang hal lain banyak. Aku akan terus ingat bahwa ada yang harus aku tulis yaitu tentang pendidikan.

Memilih tema baiknya adalah tentang yang kamu suka. Bisa juga karena latar pendidikan. Bisa juga karena bidang yang dikuasai. Misalnya mahasiswa kedokteran, memilih tema kesehatan sebagai tema blognya. Dengan begitu insyaallah dia ga akan kekurangan ide buat nulis di blognya. Karena dia memiliki pengetahuan yang luas di bidang kesehatan. Ini juga akan lebih kuat menjamin bahwa blognya ga akan mudah lesu ataupun stag.

Sosial Media
Apakah kamu suka bersosmed ria? Kalau ngga, mungkin kamu harus berubah jika mau ngeblog. Kenapa? Karena blog besar kaitannya dengan sosial media lain seperti facebook, twitter, dan instagram. Sosial media lain ini perlu untuk mengenalkan blog yang sudah kita buat. Gimana kalau kita mau nulis saja, tapi ga mau aktif sosmed. Bisa, tapi tulisan akan sulit dibaca orang lain. Tulisan yang ga tersosialisasi akan mengendap. Aku pernah mengalami ini. Aku buat blog tentang pelajaran bahasa inggris. Ga pernah aku bagikan ke sosmed. Akhirnya blog aku itu dianggap hilang oleh google. Kalau ga suka bersosmed, sengganya mengunjungi banyak blog-blog lain dan meninggalkan komentar di sana.

➍ Domain
Domain itu alamat blog. Domain blog ini adalah www.ninamustika.com. Lantas apa yang perlu dipertimbangkan tentang domain. Yang perlu dipertimbangkan adalah mau blog gratisan apa berbayar. Mau .com atau .id atau yang lainnya. Kalau belum tahu kamu harus cari tahu dulu. Karena ada orang yang lebih senang domain yang gratisan. Ada juga yang lebih memilih domain berbayar. Bagusnya yang berbayar sih supaya lebih mantap aja memulai ngeblognya. Untuk harganya bervariasi. Kamu bisa cari situs-situs penyedia domain. Beli domainnya gampang kok. Seperti belanja online. Memilih tempat membeli domain juga bisa kamu cari tahu dulu. Yangmana yang sesuai dengan kamu. Ada yang bersedia membantu dengan fastrespon juga. Ada yang ga membantu setting. Tapi kalau setting bisa caritahu lebih lanjut nanti di google atau youtube.

0 Response to "Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membuat Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel