Alasan Memilih Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD)

Cash On Delivery (COD)

Mengiringi perkembangan dunia internet yang sangat pesat, sudah banyak masyarakat yang beralih belanja secara online. Mengapa hal demikian terjadi? Karena sesuai dengan kebutuhan zaman. Situasi pekerjaan atau situasi lingkungan kadang membuat masyarakat akan cenderung memilih belanja online.

Beberapa orang mengaku bahwa barang yang mereka butuhkan tidak bisa didapatkan di daerah mereka. Mereka sudah menghabiskan waktu banyak untuk mencari. Selain kehabisan waktu mereka juga mengeluhkan rasa lelah karena mencari. Hal-hal seperti ini membuat orang menyerah belanja secara konvensional.

"Belanja online lebih enak. Market Place yang tersedia sudah banyak. Toko online pun sudah sangat banyak. Mencari barang yang dibutuhkan sudah sangat terbantu dengan sistem yang tersedia. Tinggal gunakan keyword tertentu. Kemudian bisa pilih-pilih barang sesuai yang diinginkan."

Untuk metode pembayarannya, sekarang telah banyak ragam cara yang bisa digunakan. Ada metode pembayaran bank transfer secara manual. Pembeli bisa memilih ini jika mau menggunakan kartu ATM. Membayar via ATM. Kemudian mengkonfirmasi dengan mengirimkan foto bukti transfer.

Ada pula metode pembayaran transfer bank namun secara virtual. Pembeli akan diberi nomor berupa sederetan angka-angka unik. Lalu memilih pembayaran virtual di akun banknya. Kelebihan metode ini adalah tidak perlu bukti transfer. Tidak perlu mengirimkan foto bukti transfer. Pembayaran akan langsung terkonfirmasi.

Jika ragu dengan sistem pembayaran seperti ini, ada pula sistem pembayaran Cash On Delivery (COD). Cash On Delivery (COD) adalah metode pembayaran di tempat, dimana pembeli bisa melakukan pembayaran langsung melalui kurir setelah barang diterima. Jadi, kalau mau lihat barangnya sampai dulu, baru bayar, metode ini cocok untuk dipilih. Namun sayangnya belum semua market place menyediakan metode pembayaran dengan cara ini.

Keuntungannya, pembeli menjadi yakin. Pembeli tidak perlu khawatir barang tidak sampai. Pembeli baru bayar setelah barang sampai. Pembeli tinggal menyiapkan uang pas.

Selain alasan agar lebih yakin. Banyak pembeli memilih pembayaran COD karena memiliki banyak uang cash. Pembeli tersebut memiliki keterbatasan untuk bisa menyimpan uang cashnya ke dalam bentuk digital. Maka pembeli tersebut memilih COD.

Sebagai tambahan, sekarang COD telah pula dilengkapi dengan CDBB. CDBB adalah singkatan dari Coba Dulu Baru Bayar. Ada beberapa daerah yang sudah bisa menggunakan tambahan jasa ini. Ketika bisa CDBB, maka keuntungan pun bertambah.

Pembeli bisa memcoba dulu barang yang mau dibeli. Ketika barang sampai, kurir harus menyediakan waktu maksimal 15 menit untuk calon pembeli mencoba barang. Jika barang ternyata tidak cocok. Pembeli bisa membatalkan transaksi pembelian.

Pembeli bisa menolak membayar kepada kurir. Barang akan dikembalikan kepada pihak penjual. Untuk ongkos kirim, ada market place yang bersedia menanggung biaya ongkir. Jadi ketika tidak jadi membeli, calon pembeli benar-benar tidak keluar biaya.

Ada pula market place yang menyediakan cara ini tanpa bisa memilih. Ketika mereka sudah memiliki sistem yang snagat baik. Kemudian tempat yang bisa untuk dilakukan COD sudah sangat banyak. Mereka membuat pembeli mau tidak mau harus menggunakan sistem COD. 

Kelemahan sistem pembayaran ini adalah ketika uang tidak pas. Kemudian ketika terpaksa tidak bisa berada di tempat saat diperkirakan kurir sampai. Jika sibuk dan memiliki mobilitas tinggi, metode pembayaran seperti ini malah kurang tepat. Untungnya ada beberapa market place yang menyediakan pilihan. Kita bisa memilih mau COD atau tidak.

Itulah sedikit penjelasan terkait metode pembayaran COD. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.  Terimakasih sudah berkunjung

1 Response to "Alasan Memilih Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD)"

  1. Coba dulu baru bayar kayaknya menarik nih ehhehe
    COD emang lebih aman,, kl dulu waktu jamannya FJB kaskus ini malah ngtrensd

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel